Monday, May 28, 2007

software free gratis

Berikut ini saya akan membagikan software-software gratis yang tidak hanya "free" namun juga mempunyai feature-feature yang tidak kalah hebatnya dengan software-software berbayar. Kita semua tahu pembajakan di negri kita ini sudah sangat memprihatikan, untuk itulah saya membagikan software-software yang dapat kita gunakan secara bebas tanpa harus takut melanggar hak cipta orang lain apalagi ditangkap polisi.

Antivirus-Antispyware-Firewall-HijackingRemover
Antivir 7 PersonalEdition Classic [10.9MB] http://www.free-av.com (http://www.free-av.com/)
Update terbaru ini sudah dapat mengenali lebih dari 230.000 virus, melakukan scanning terhadap file yang didownload dari internet. Antivirus yang satu ini merupakan salah satu antivirus gratis yang dapat disejajarkan dengan AVG. Antivirus ini memilki database virus lebih kurang 80.000 jenis varian termasuk macro, trojan dan sebagainya. Antivirus ini tidak dapat melakukan update database virus secara otomatis. Antivirus ini sama ringannya dengan AVG dalam hal pengoperasiannya serta tampilannya yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

AVG Free Edition 7.289 [9.68MB] http://www.grisoft.com (http://www.grisoft.com/)
Update terbaru ini menambahkan jumlah list website yang dianggap berbahaya. Inilah salah satu free antivirus terbaik yang ada. Antivirus ini dapat melakukan automatic update, salah satu kelebihan lainnya adalah dapat melakukan scan terhadap email client yang secara otomatis akan terintregrasi ke email client yang digunakan. Selain kelebihan-kelebihan di atas antivirus ini juga sangat ringan dalam pengoperasiannya karena hanya memerlukan resource atau memory yang sangat kecil.

Ad-Aware SE Personal Edition 1.06 [2.61MB] http://www.lavasoft.de (http://www.lavasoft.de/)
Software ini berguna sebagai spyware removal yang sangat baik sebagai salah satu tool antispyware terbaik saat ini. Software ini mengscan memory, registry, harddisk, removable drive sampai dengan optical drive. Spyware, trojan, scumware, keylogger, malware, pop-up dapat dibersihkan oleh software yang satu ini.

Spybot-Search&Destroy 1.4 [4.8MB] http://www.spybot.safer-networking.de (http://www.spybot.safer-networking.de/)
Kemampuan yang dimiliki Spybot ini tidak kalah hebatnya dibandingkan dengan Ad-Aware. Kelebihan software ini yaitu terletak pada fungsi immunize dimana digunakan untuk memblocking website-website yang dianggap sebagai spyware oleh software ini sehingga website tersebut tidak dapat diakses, dengan begitu spyware dapat dihindari.

Spyware Blaster 3.51 [2.44MB] http://www.javacoolsoftware.com (http://www.javacoolsoftware.com/)
Lain dengan software-software spyware lainnya, Spyware Blaster lebih difungsikan untuk mencegah masuknya spyware ke komputer, dan tidak dapat digunakan untuk membersihkan komputer dari spyware yang sudah terjangkit di komputer. Begitu diinstall dan dijalankan maka software ini akan meload daftar website yang terdapat di databasenya untuk diintegrasikan di dalam Restricted Sites pada Windows, dengan demikian website-website tersebut tidak akan dapat diakses. Adapun browser yang didukung seperti IE dan Firefox.

Kerio Personal Firewall 4.2.1 [5.2MB] http://www.kerio.com (http://www.kerio.com/)
Firewall ini bekerja layaknya sebuah penjaga pintu data yang merupakan daerah keluar masuknya data-data. Adapun kelebihan firewall yang satu ini yaitu ia mampu menangkal masuknya trojan horse yang dilakukan oleh MD5 apllication signatures, mengawasi program yang sedang berjalan serta fungsi security setting.

Sygate Personal Firewall 5.6 [8.8MB] http://www.sygate.com (http://www.sygate.com/)
Fungsinya hampir sama dengan firewall lain yang ada yaitu mengontrol data-data yang lalu lalang di komputer. Salah satu kelebihan dari software firewall yang satu ini yaitu hanya memakai sekitar 8MB dari RAM untuk berjalan di komputer, sangat cocok untuk komputer yang tidak terlalu tinggi speknya.

Zone Alarm 6.0 Firewall [6.91MB] http://www.zonelabs.com (http://www.zonelabs.com/)
Firewall yang satu ini mungkin sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mengawasi lalu lintas data yang masuk maupun keluar dari komputer yang sedang terhubung ke internet. Zone Alarm juga memiliki fungsi untuk mengawasi antivirus yang terdapat di dalam komputer namun masih tidak dapat mendeteksi antivirus AVG yang sudah terinstall di dalam komputer saya. Selain itu email protection juga tidak ketinggalan. Firewall ini juga dapat melakukan kontrol terhadap software-software yang terdapat dalam komputer untuk melakukan akses baik itu kedalam maupun akses keluar melalui internet.

Browser Hijack Retaliator 4 [2.77MB] http://www.zamaansoft.com (http://www.zamaansoft.com/)
Kegunaan utama software ini lebih ditujukan untuk mengamankan browser dari incaran hijacker. Cara kerja software ini yaitu melindungi default home page, local home page, search page, search bar dan lain-lain. Dengan terlindunginya bagian-bagian tersebut maka serangan hijacking dapat diminimalisir.

Elite Toolbar Remover 2.0.1 [449KB] http://www.simplytech.it (http://www.simplytech.it/)
Bagi yang pernah kesulitan dan tidak bisa menyingkirkan toolbar-toolbar yang ada pada browser terutama IE, Elite Toolbar Remover merupakan software yang dapat mengatasi hal tersebut. Untuk mendapatkan hasil terbaik, software ini harus dijalankan pada safe mode.

===============================================

Internet Tools
Mozilla Firefox 1.5 [4.98MB] http://www.mozilla.org (http://www.mozilla.org/)
Datang dengan update terbaru membuatnya semakin stabil, tangguh, kompatibel dengan extension, skin dan fungsinya. Browser ini tentu sudah tidak asing bagi kita semua. Inilah salah satu browser yang dapat dibandingkan kemampuannya dengan Internet Explorer(IE) milik Microsoft, bahkan konon kinerja yang dihasilkan browser yang satu ini dalam meload webpage melebihi kinerja yang ditunjukkan oleh IE. Beberapa kelebihannya browser ini seperti tabbed browsing, built in pop-up blocker yang efektif, adanya themes yang dapat kita download untuk mempercantik tampang dari browser ini. Selain itu juga terdapat extensions yang begitu banyak yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan performanya misalnya CookieCuller yang digunakan untuk memanage cookie, serta download manager yang sudah terinstall ketika kita menginstall browser ini.

Opera 8.5 [3.6MB] http://www.opera.com (http://www.opera.com/)
Opera adalah salah satu browser yang dapat kita gunakan dalam menjelajahi dunia internet yang begitu luas. Kemampuan yang dimilkinya tidak kalah dibandingkan IE maupun Firefox seperti pemakaian resource yang relatif kecil jika dibandingkan dengan IE. Opera juga menyertakan mail client, chat client, RSS newsfeeder sebagai tools tambahan yang tentunya menarik untuk dicoba. Terdapat juga fungsi tab browse di mana kita dapat membuka page baru dalam satu window secara bersamaan yang dapat membuat area taskbar tampak lebih lega.

Mozilla Thunderbird 1.0.7 [5.7MB] http://www.mozilla.org (http://www.mozilla.org/)
Thunderbird email client adalah email client yang dapat disejajarkan fungsinya dengan email client milik Microsoft yaitu Microsoft Outlook. Kemampuan yang ditawarkan software yang satu ini meliputi penyaringan terhadap junk mail, kompatibilitas terhadap RSS feeds, dukungan terhadap forwat HTML, multiple identities, layanan account email berbasiskan POP dan IMAP juga disupport, dan kompatibilitas serta dukungan terhadap Microsoft Exchange Server.

ICQ 5.04 [8.4MB] http://www.icq.com (http://www.icq.com/)
Salah satu dari 3 messenger populer saat ini. Penggunaannya sedikit berbeda dengan messenger pada umumnya terutama dalam penamaan user yang menggunakan nomor yang dikenal dengan ICQ Number. Salah satu feature terbarunya yaitu XTraz yang meliputi online game, pengiriman kartu ucapan, dan sebagainya. Pada versi terbaru ini juga sudah mendukung avatar yang disebut ICQ Devils yang terdiri dari ICQ Devils, Animated Devils, My Photos, My Factory Devils. Juga ada feature sms melalui handphone, belum ada informasi yang pasti apakah feature ini gratis apa tidak.

MSN Messenger 7.5.0324 [2.3MB-18.8MB] http://www.messenger.msn.com (http://www.messenger.msn.com/)
Versi paling baru ini meliputi perbaikan bug, celah keamanan serta penambahan fitur Nudges dan Winks, yang dapat membantu untuk mendapatkan perhatian dari seseorang Messenger buatan Microsoft ini sebagai salah satu pesaing terkuat Yahoo! Messenger. Messenger ini mempunyai fungsi standar seperti software messenger umumnya seperti emoticon, upload foto, pengelompokkan teman dsb. Fitur lain yang cukup menarik yaitu winks, mobile user, animation avatar, online game yang cukup menarik untuk dicoba.

Trillian 3.1 Basic [2.9MB] http://www.ceruleanstudios.com (http://www.ceruleanstudios.com/)
Software ini memiliki fungsi utama untuk menggabungkan beberapa messenger sekaligus. Adapun messenger yang didukungnya yaitu Yahoo! Messenger, MSN Messenger, ICQ, mIRC, dan AIM. Feature yang disediakan seperti video conference, voice chat, sms support, file transfer, update plug-in, pilihan emoticons yang beragam, daftar contact yang dibagi-bagi berdasarkan warna yang berbeda untuk masing-masing messenger. Beberapa kelemahan software ini yakni hilangnya beberapa feature standar messenger seperti feature avatar serta emoticons.

Yahoo! Messenger 7.0 [8.2MB] http://www.messenger.yahoo.com (http://www.messenger.yahoo.com/)
Yahoo! Messenger dapat dikatakan sebagai messenger yang paling laku di antara berbagai messenger yang ada. Bagaimana tidak, lihat saja dari feature-feature yang disajikan olehnya. Mulai dari avatar yang dapat mengcustomise character dari ujung rambut-ujung kaki, emoticon/emotion icon yang sangat variatif, animasi dengan adanya suara, pengelompokkan berdasarkan status teman, fasilitas transfer file dengan briefcase 30MB. Bahkan pada versi terbaru ini terdapat fungsi VOIP yang dapat mendukung penggunaan webcam untuk panggilan video dan Yahoo 360 yang menghubungkan penggunanya ke site pencari teman seperti Friendster.

Google Talk [910KB] http://www.google.com/talk
Sama seperti Skype, tetapi Google Talk lebih dikhususkan bagi mereka yang memiliki account gmail. Tinggal sediakan speaker, mic, koneksi internet dan yang terpenting teman yang juga memiliki account gmail dan juga Google Talk anda dan teman anda. Software ini mendukung sistem komunikasi standar sehingga dapat diakses lewat client lain yang sudah mendukung protocol XMPP contohnya Trillian, GAIM, iChat, Adium, dan lainnya. Software ini juga bersih dari pop-up ataupun iklan.

Skype 2.0.0.69 [9.5MB] http://www.skype.com (http://www.skype.com/)
Update terbaru dari Skype diikuti dengan penambahan fitur Skype Video, filter untuk contact dan history, menyimpan otorisasi pengguna, perubahan tampilan, perbaikan pada bagian voicemail, kebocoran memory, kesalahan avatar dan tampilan profile. VOIP (Voice Over Internet Protocol) sudah menjadi trend baru dalam berkomunikasi di dunia maya internet, anda dapat bertelefon ria dengan siapa saja dimanapun ia berada sepanjang terhubung ke internet dan menggunakan software ini juga. Untuk itulah Skype diciptakan, selain itu Skype juga mampu melakukan pemberitahuan status pada halaman web, melakukan call forwading, auto responder, synchronized web browsing, fungsi messenger dan sebagainya. Software ini juga dapat ditambah plugins yang membuatnya semakin tangguh.

BitMeter 3.1.1 [636KB] http://www.codebox.no-ip.net (http://www.codebox.no-ip.net/)
Jika berniat melihat ataupun memonitor jalur bandwith internet, maka software ini dapat menjadi salah satu pilihan. BitMeter dapat melalukan monitoring terhadap koneksi internet secara real time yang meliputi traffic upload maupun download yang sedang berjalan dalam bentuk grafik. Selain itu, juga dapat disetting alert yang akan memberikan peringatan jika traffic upload dan download melebihi batas tertentu. Tersedia juga fungsi stopwatch.

Browster 1.0.42 [585KB] http://www.browster.com (http://www.browster.com/)
Software ini dapat dikatakan sebagai plugin kecil pada IE. Setelah diinstall, software ini akan langsung terintegrasi dengan sendirinya dengan IE. Maka di IE akan muncul sebuah icon kecil berbentuk persegi, icon ini akan selalu muncul ketika kita meletakkan pointer mouse di atas sebuah link. Ketika kita menyorot icon tersebut maka akan muncul sebuah jendela pop-up yang menampilkan isi dari link tersebut.

DialupMon 1.4.1.0 [556KB] http://www.skynergy.com (http://www.skynergy.com/)
Software ini berfungsi sebagai alarm bagi koneksi internet secara dial up. Pertama kita setting lamanya waktu untuk sebelum memutuskan koneksi internet yang sedang aktif. Setelah itu, software akan mencari apakah ada koneksi yang sedang aktif, bila ada maka akan dilakukan countdown sesuai waktu yang telah dilakukan. Setelah hitungannya habis maka akan ditanyakan apakah dilakukan pemutusan koneksi atau tidak.

===============================================

Download Accelerator
Download Accelerator Plus 7.5 [3.2MB] http://www.speedbit.com (http://www.speedbit.com/)
Download accelerator yang satu ini sudah tidak lagi diragukan lagi performancenya. Kecepatan download mencapai 200% dibandingkan dengan software lainnya. Kemampuan tersebut diperoleh karena dalam melakukan download, software ini membagi file yang didownload menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, serta selalu dicari mirror yang dianggap paling cepat. Fungsi lainnya, software ini dapat disematkan ke dalam browser, antivirus untuk menscan file yang didownload sehingga penggunaannya lebih mudah, juga bisa berfungsi sebagai FTP client. Tampilan yang disajikan pun tampak cantik yang dilengkapi dengan graphic bandwidth kecepatan download dan masih begitu banyak fitur lainnya yang menarik misalnya scheduled download, adanya tab games, music, FTP browser, proses download yang dapat diresume akibat koneksi yang terputus dan sebagainya.

Free Download Manager 1.9 [1.4MB] http://www.freedownloadmanager.org (http://www.freedownloadmanager.org/)
Lain lagi dengan DAP, pengembang software ini mengklaim software ini dapat mempercepat proses download sampai 600%. Dengan 3 pilihan settingan dalam proses download yaitu light, medium, heavy, pada pilihan heavy kecepatan download akan diboots sampai maksimum. HTTP,HTTPS,FTP dapat dilayaninya. Disertai pula dengan kemampuan untuk melakukan resume, melakukan koneksi internet dan mematikan koneksi semuanya dapat dilakukan.

Fresh Download 7.36 [1.5MB] http://www.freshdevices.com (http://www.freshdevices.com/)
Performa software ini cukup bagus dengan dilengkapi dengan scheduled download, memasuki website yang diproteksi oleh password, menjalankan kembali koneksi internet yang terputus, dapat juga dilakukan multiple download sampai 8 threads. Download accelerator ini juga dapat melakukan connect dan disconnect secara otomatis.

===============================================

Multimedia
1by1 1.50 [88KB] http://www.soft.saschart.com (http://www.soft.saschart.com/)
Software kecil yang sangat berguna dalam mendengarkan lagu-lagu pilihan. Software ini akan sangat berguna jika digunakan untuk melakukan multitasking terutama pada kemampuan komputer yang terbatas, misalnya mendengarkan lagu sambil melakukan hal lain seperti mengerjakan dokumen, memainkan game, scaning antivirus, dan sebagainya. Lagu-lagu yang terdapat di dalam sebuah folder dan playlist akan dengan mudah didengarkan tanpa harus diload terlebih dahulu.

Adobe Photoshop Album Starter Edition 3.0 [6.72MB] http://www.adobe.com/support/downloads/detail.jsp?ftpID=2977
Salah satu software gratis dari Adobe untuk mengelola, mencari, maupun sharing kumpulan foto. Software ini sudah mampu mengkoreksi foto meliputi red eye remover, mengoptimalkan warna, dan mengatur keterangan foto. Software ini juga dapat melakukan transfer file melalui ponsel, scanner, card reader dan media penyimpanan lainnya.

JetAudio 6.26 Basic [16.3MB] http://www.jetaudio.com (http://www.jetaudio.com/)
Versi 6.26 ini memiliki fitur baru seperti Video Format Converter to AVI, mensupport format AVC untuk PSP video conversion dan perbaikan bugs serta fitur baru lainnya. Salah satu software yang menyimpan begitu banyak kelebihan-kelebihan yang menjadikannya begitu ampuh. Software ini dipersenjatai dengan feature-feature seperti ripping cd, convert, record, audio cd creator, broadcasting, audio trimmer(untuk memotong lagu), lyric viewer. Selain itu dilengkapi juga sound effect mulai dari wide, reverb, X-bass, X-surround (multi channel), BBE, BBE ViVA dan crossfade sampai dengan dukungan 16 channel equalizer. Software ini mendukung files MP3,MOV,VOB,AVI,RM,MPEG,3GPP,WMA, dan begitu banyak lagi extension lainnya. Masih terdapat feature lainnya yang didapatkan ketika menggunakan software yang satu ini.

K-Lite Mega Codec Pack 1.46 [28.6MB] http://www.k-litecodecpack.com (http://www.k-litecodecpack.com/)
Software wajib bagi yang berkecimpung di dunia multimedia. Dukungan yang diberikan hampir terhadap semua format multimedia yang ada baik itu untuk decoding maupun encoding yang dapat dikonfigurasi. Paket ini juga dilengkapi dengan player Media Player Classic dan BSPlayer yang dapat memutar DVD.

Media Monkey 2.4.2.874 [4.1MB] http://www.mediamonkey.com (http://www.mediamonkey.com/)
Software multifungsi yang mengandung berbagai fungsi sekaligus. Berfungsi untuk memutar file audio dengan format MP3, WMA, OGG, WAV, sekaligus dapat digunakan juga untuk melakukan ripping, converting, dan burning. Software ini juga terintegrasi dengan Winamp dan Nero CD, serta dilengkapi feature synchronize dengan iPod.

QuickTime Alternative 1.68 [12.2MB] http://filesharingdownloads.com/Codecs/QuickTime_Alternative/quicktime alt168.exe (http://filesharingdownloads.com/Codecs/QuickTime_Alternative/quicktimealt168.exe)
QuickTime merupakan produk dari Apple yang digunakan di internet untuk mendistribusikan file video. QuickTime Alternative ini dikeluarkan oleh Free Codecs, software ini dapat memainkan file berformat MOV, QT dsb. Pada paket instalasi QuickTime Alternative 1.68 ini juga disertakan Media Player Classic 6.4.8.7, QuickTime Codecs 7.0.4.80, QuickTime plugin untuk IE, Opera, Mozilla, Netscape, extra plugin untuk QuickTime dan QuickTime DirectShow filter. Dapat juga menampilkan konten QuickTime yang ada dalam website.

VLC [9.2MB] http://www.videolan.org/vlc/
VLC (initially VideoLAN Client) is a highly portable multimedia player for various audio and video formats (MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, DivX, mp3, ogg, ...) as well as DVDs, VCDs, and various streaming protocols. It can also be used as a server to stream in unicast or multicast in IPv4 or IPv6 on a high-bandwidth network.

Winamp 5.1 [5.9MB] http://www.winamp.com (http://www.winamp.com/)
Jika ingin mendengar lagu di sebuah komputer baik itu komputer teman, saudara atau siapa saja sebagian kita pasti akan mencari icon Winamp. Winamp memiliki segudang feature yang sangat komplit. Version updatenya juga selalu dilakukan, yang selalu disertai perubahan dibanding versi terdahulu. Begitu juga dengan begitu banyaknya plugins baik itu skins, visualizations, audio effect, dsb yang dapat kita download secara bebas di websitenya.

===========================================

Office
Adobe Reader 7.0.7 [11.5MB] http://www.ardownload.adobe.com/pub/adobe/reader/win/7x/7.0.7/misc/Adb eRdrUpd707_all_incr.exe (http://www.ardownload.adobe.com/pub/adobe/reader/win/7x/7.0.7/misc/AdbeRdrUpd707_all_incr.exe)
Siapa yang tidak kenal dengan file dengan format PDF. Dengan format ini kita dapat membuat buku digital, panduan/manual, form pendaftaran, tabloid digital, dsb. Adobe Reader juga telah tersebar lebih dari 500 juta kopi, mendukung 23platform, dalam 26 bahasa. Fitur baru pada versi ini antara lain dukungan isi 3D, peningkatan fitur form, dan pencarian textbook yang terhubung ke internet.

Foxit PDF Reader 1.3 Beta [2.3MB] http://www.foxitsoftware.com (http://www.foxitsoftware.com/)
Bagi yang membutuhkan software ringan yang dapat membuka file PDF secara cepat dapat mencoba software yang satu ini. Software ini hanya membutuhkan sedikit resources yang kecil dibangdingkan dengan Adobe Reader yang cukup memberatkan sistem dengan memory yang terbatas. Software ini juga memiliki feature-feature yang lumayan lengkap. Software ini juga dilengkapi dengan browser integration.

OpenOffice 2.0.1 [76.3MB] http://www.openoffice.org (http://www.openoffice.org/)
Update terbaru ini memperbaiki bugs seperti perbaikan kompabilitas dengan Microsoft Office dan sebagainya. Mengetik dokumen, membuat pembukuan, mempersiapkan presentasi, menyusun database, menggambar grafik, perhitungan ilmiah. Semuanya itu disediakan oleh OpenOffice 2.0. Versi terbarunya ini memiliki begitu banyak kelebihan yang akan sangat berguna. Kemampuan kerjanya dapat disejajarkan dengan software Microsoft Office. Kinerja ang ditawarkan software ini dapat dikatakan sangat bagus hanya saja resources ang dipakai masih dikatakan besar.

===============================================

Audio Editing-Video Editing-Graphic Editing
Audacity 1.3.0b [2.49MB] http://www.audacity.sourceforge.net/download/
Bagi yang suka mengedit audio aplikasi ini dapat menjadi salah satu teman dalam editing audio. Dilengkapi dengan fungsi cut, copy, paste, undo, dapat juga menggabung dua lagu sekaligus, dapat disave dengan format mp3, wav, ogg vorbis. Terdapat juga efek-efek suara lebih kurang 30 jenis efek misalnya, BassBoost, Wahwah, Echo, Change Tempo, Change Speed, Noise Removal dan masih banyak lagi.

dBpowerAmp Music Converter 11.0 [1.84MB] http://www.dbpoweramp.com (http://www.dbpoweramp.com/)
Tugas utama dari software ini yaitu melakukan converting format file audio. Format keluaran yang disediakannya yaitu FLAC, Media Monkey, mp3(lame), Ogg Vorbis, Wave, Windows Media Audio V9, namun ada beberapa format di atas yang diinstall codecnya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Begitu selesai diinstall, software ini akan langsung terintegrasi ke dalam klik kanan pada sebuah file audio. Tinggal convert to dan setelah muncul jendela setting, tinggal klik convert maka file audio yang dipilih akan langsung diproses.

AviScreen Classic 1.3 [669KB] http://www.bobyte.com (http://www.bobyte.com/)
Selain untuk melakukan capture terhadap layar desktop, software ini juga mampu melakukan capturing dalam bentuk video sehingga lebih interaktif. Besar layar yang akan dicapture juga dapat diatur ukurannya, terdapat juga fungsi shorcut.

AVI Maker 1.0 [306KB] http://www.geocities.com/suresh_csoft/vcpp.html
AVI Maker dapat mengubah kumpulan foto dengan format BMP menjadi satu buah file video dengan format AVI. Kita dapat mengatur frame rate, kedalaman warna dan sebagainya. File BMP yang dapat ditampung sampai dengan 128 file BMP untuk satu buah file AVI, ukuran foto juga harus sama.

VidShot Capture Ver.1.0 [1.25MB] http://www.geovid.com (http://www.geovid.com/)
Software ini dapat merekam segala aktivitas yang dilakukan yang dikerjakan di layar monitor. Sebelum merekam kita dapat melakukan konfigurasi sederhana meliputi bagian layar direkam, pengaturan frame rate. Setelah selesai diset maka mulai saja merekam dengan mengklik tombol start, bila hendak berhenti tekan saja tombol F9 di keyboard.

Edit Digi Pictures 1.0 [1.49MB] http://www.lrz-muenchen.de (http://www.lrz-muenchen.de/)
Software ini terintegrasi ke dalam menu klik kanan. Penggunaannya sangat sederhana, praktis dan cepat. Resizing, rotating, converting format gambar seperti .jpeg, .gif, .bmp, .tif, .png dan lainnya dapat dilakukan oleh software ini. Gambar yang selesai diedit dapat langsung dikirim melalui email olehnya.

GrafxShop 3.0 [27.2MB] http://www.grafxshop.com (http://www.grafxshop.com/)
Paket instalasinya membawa 5 software sekaligus yang semuanya dapat digunakan secara bebas, 5 software tersebut yaitu GrafxShop Image Editing, GrafxPage Page Publisher, GrafxWeb Webpage Designer, GrafxFtp Webpage Publisher and FTP Client, GrafxShow (Slide Show). Software-software tersebut memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap untuk melakukan tugasnya masing-masing. Contohnya, GrafxShop Image Editing memiliki fitur vectors and layers drawing, fitur-fitur pengolah gambar pada umumnya, dapat juga dilakukan scanning langsung dari scanner yang siap untuk diedit.

PDF Image Extraction Wizard 1.0 [745KB] http://www.rlvision.com (http://www.rlvision.com/)
Jika anda bermaksud mengambil gambar-gambar yang terdapat dalam sebuah file berekstensi .PDF maka software ini dapat membantu. Software ini mempunyai fungsi yang cukup sederhana namun cukup berguna. Software ini akan mengambil semua gambar yang ada dalam file .PDF, lalu disimpannya ke dalam format .BMP.

PDF Watermark 1.00 [325KB] http://www.coolpdf.com/pdf-watermark.html
Penggunaan PDF sekarang ini sudah berkembang pesat. PDF tidak dapat diedit begitu saja sehingga lebih terjamin keamanannya serta keasliannya tetapi PDF juga dapat diedit dengan software tertentu seperti Adobe Distiller. Software ini dapat membuat tanda air atau watermark yang dapat berguna sebagai tanda dari pembuat file PDF tersebut. Watermark ini dapat ditempelkan pada atas ataupun dibawah dokumen didalamnya.

Visere 2.2.0.7 [2.9MB] http://www.dmmd.net/products/products.htm
Image Viewer ini memiliki kecepatan dalam melakukan proses yan cukup cepat bahkan itu gambar berukuran besar sekalipun. Feature lain seperti membuat portofolio, slideshow, email pictures, rename dan fungsi editing sederhana lainnya.

===============================================

Compression
7ZIP 4.23 [1.04MB] http://www.7-zip.org (http://www.7-zip.org/)
Software kompresi yang satu layak dicoba karena selain gratis juga memiliki segudang kemampuan yang hebat. Dengan format kompresinya sendiri 7z, dikatakan bahwa file sampai sebesar 16000000 TB dapat diatasi. Hal ini dapat terjadi karena diklaim bahwa 7ZIP memiliki rasio yang lebih baik dengan metode kompresi LZMA. Bahkan mereka menjamin kalau hasil kompresi 7ZIP memiliki rasio 2%-10% lebih tinggi dibanding dengan Winzip maupun PKZip. LZMA yang merupakan penyempurnaan dari algoritma LZ77 juga dapat melakukan enkripsi AES 256bit.

ALZIP 5.52 [1.8MB] http://www.altools.com (http://www.altools.com/)
Alzip merupakan sebuah software kompresi yang cukup tangguh. 35 jenis extensions dapat dibaca oleh software ini. Sementara itu format file yang dapat dibuatnya sampai 8 jenis, termasuk di dalamnya format open source seperti .tar dan .tgz, selain 2 format tersebut format lainnya yaitu .zip, .lzh, .cab, .jar, .bh dan formatnya sendiri .alz. Fungsi lainnya yang cukup menarik yaitu membuat file image .iso, file virtual cd dengan format lcd juga didukung. Kecepatan dalam proses kompresi juga lumayan.

IZArc 3.5 Beta3 [3.1MB] http://www.izarc.org (http://www.izarc.org/)
Salah satu compression tool yang baik dengan dukungan format sampai 48 tipe file terkompresi. Dapat membuat file archive dalam 8 jenis format yaitu: ZIP, CAB, BH, JAR, LHA, 7-ZIP, BGA dan YZ1. Berbagai fitur lainnya seperti convert archive, convert cd image, UU/XX/MIME Encode,, dukungan terhadap encryption file dengan standar 256bit encryption, membagi sebuah archive menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, convert file SFX. Salah satu yang cukup menarik yaitu adanya pilihan bahasa Indonesia.

ZipGenius 6 [5.06MB] http://www.zipgenius.it (http://www.zipgenius.it/)
ZipGenius hadir dengan tampilan utama yang mirip tampilan Windows Xp. Tampilan "Windows Xp" tersebut masih dapat kita ubah. Terdapat 12 jenis format kompresi yang dapat dibuat salah satunya format 7z serta 23 jenis yang dapat dibaca. Tersedia juga paket kompresi RPM yaitu standar paket pada Linux oleh RedHat. Kelemahannya yaitu pada rasio kompresi yang kecil terutama pada file berformat seperti .Jpg.

==============================================

Utilities
Aezay Registry Commander 1.04 [561KB] http://aezay.dk/aezay/regcmd/regcmd.exe
Bagi yang sering membongkar registry dengan registry editor standar dari Windows tentunya akan merasakan ketidakpraktisan. Software ini memiliki fungsi mengcustomize registry dengan kelebihan-kelebihan seperti adanya fungsi search untuk mencari suatu key secara cepat, fungsi bookmarks, jump to keys dan berbagai fungsi lainnya. Semua fungsi tersebut dapat digunakan dengan mudah karena dukungan interface yang mudah dimengerti.

Ardamax Keylogger Lite 1.2 [360KB] http://www.ardamax.com (http://www.ardamax.com/)
Software ini akan berjalan pada wilayah quick launch. Settingnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan klik kanan pada icon di daerah quick launch. Kemampuan untuk merecord segala apa yang diketikkan cukup hebat serta dengan penggunaan yang mudah.

FreeUndelete 2.0 [758KB] http://www.officerecovery.com (http://www.officerecovery.com/)
Software ini dapat menjadi penyelamat bagi yang tidak sengaja melakukan delete terhadap data yang tersimpan di harddisk, peranti optik, serta USB. Sistem file FAT dan NTFS sudah didukung oleh software ini. Lama pencarian data yang akan direcovery tergantung pada besarnya kapasitas drive yang discan.

Free KGB Key Logger 1.91 [1.3MB] http://www.refog.com (http://www.refog.com/)
Selain memiliki kemampuan seperti software di atas, ia juga dapat digunakan sebagai monitoring tools yang dapat dilakukan dalam bentuk screen shoot.

Heatsoft Clone Cleaner Lite 1.01 Build 1 [1.1MB] http://www.heatsoft.com/index.html
Jika harddisk sudah mulai terasa penuh tidak ada salahnya mencoba software yang satu ini. Software ini dapat mencari file yang memiliki karakteristik nama file yang sama dan isinya juga sama untuk dihapus, preview sebelum dihapus, content comparison dan sebagainya.

Process Patrol 1.0.1 [2.85MB] http://www.processpatrol.com (http://www.processpatrol.com/)
Software ini hampir mirip kegunanaanya dengan software di atas hanya saja software ini dapat mengelompokkan mana-mana saja aplikasi yang benar-benar diperlukan untuk kelangsungan berjalannya Windows dan mana proses yang dianggap sebagai spyware yang dapat berbahaya. Process Patrol juga mempunyai kemampuan scheduling.

Shutter 1.01 [555KB] http://www.redbrick.dcu.ie/~den4b (http://www.redbrick.dcu.ie/%7Eden4b)
Software ini dapat mematikan komputer secara otomatis. Fungsinya yang ini akan sangat berguna jika kita hendak melakukan defragment, scanning virus dan lain sebagainya, kita dapat mengatur berapa lama countdown akan berlangsung sampai komputer akan dishutdown. Software ini juga dapat melakukan log off, hibernate, reboot, sleep, monitor off, alarm. Semuanya itu dapat diatur kapan dilaksanakan baik dengan metode countdown, on time, low CPU usage, battery low, user inactive, winamp stops. Jika ada software yang berjalan saat akan dilakukan shutdown maka software itu juga dapat dimatikan secara otomatis oleh Shutter.

Stardock CursorXP Free v.1.31 [2.27MB] http://www.cursorxp.com (http://www.cursorxp.com/)
Software yang satu ini dapat membuat cursor/pointer pada layar monitor terlihat lebih menarik. CursorXP ini akan menggantikan cursor yang biasanya berbentuk panah saja menjadi bentuk-bentuk yang begitu beragam misalnya ada bentuk gear, candycan, panah yang berkelip-kelip, tangan, yin-yang, dan masih begitu banyak lagi bentuk lainnya yang dapat didownload secara bebas dan sebagian besar memiliki ukuran file yang cukup kecil.

Unlocker 1.8 [183KB] http://majorgeeks.com/Unlocker_d4660.html
Jika pernah merasa jengkel karena tidak bisa menghapus suatu file atau folder karena muncul tulisan "it is being used by another person or program" padahal file dan folder tersebut tidak digunakan. Dengan software ini kita dapat menghapus ataupun merubah nama. Hanya dengan klik kanan saja kita dapat membebaskan file dan folder yan terkunci itu. Unlock untuk membebaskan file, Unlock All untuk membebaskan file atau folder yang dipakai lebih dari satu proses. Sedangkan Kill Proses untuk mematikan proses yang mengunci file atau folder.

Whats Running 2.1.1 [1.1MB] http://www.whatsrunning.net (http://www.whatsrunning.net/)
Untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan pada sistem Windows maka ada task manager. Fungsi software ini menyerupai task manager tersebut namun dengan beberapa kelebihan seperti dapat melihat proses secara detil, services, modules, IP Connection, Drivers, serta pilihan aplikasi apa yang dijalankan saat startup. Semua informasi yang ada dapat disimpan dalam file .xml.

===============================================

Maintenance and Tweaking Tools
ATI Tool[1.2MB] http://www.techpowerup.com/atitool/ by rockuman_ex
ATITool is an overclocking utility designed for ATI video cards.
Design target is to write a light-weight application for the enthusiast - so no questionable registry tweaks.

Crap Cleaner [529KB] http://www.ccleaner.com/ by rockuman_ex
CCleaner is a freeware system optimization and privacy tool. It removes unused files from your system - allowing Windows to run faster and freeing up valuable hard disk space. It also cleans traces of your online activities such as your Internet history. But the best part is that it's fast (normally taking less that a second to run) and contains NO Spyware or Adware!

Free Internet Window Washer 1.0 [709KB] http://www.eusing.com (http://www.eusing.com/)
Ketika terhubung ke jaringan internet tanpa sadar sebenarnya begitu banyak informasi yang dikirim keluar maupun masuk ke dalam komputer. Ada juga track internet yang disimpan dalam harddisk. Nah tugas utama dari software ini yaitu membersihakan Windows dari track-track tersebut.

HDDlife 2.5.74 [5.4MB] http://www.hddlife.com (http://www.hddlife.com/)
Bagaimana perasaan anda jika kumpulan lagu, film, gambar, dan data-data penting lainnya hilang begitu saja karena harddisk anda mengalami crash. Untul itulah, software ini dapat memperkecil serta melindungi harddisk dari kerusakan yang salah satunya disebabkan suhunya yang terlalu panas. Software ini juga sudah mendukung teknologi S.M.A.R.T. Suhu dari harddisk akan dimonitor secara realtime sehingga dapat diketahui panas dari harddisk.

K1 1.0.2 [186KB] http://www.clanpkm.free.fr (http://www.clanpkm.free.fr/)
Berbagai setting pada komputer dapat dirubah melalui software ini. Fungsi-fungsi yang dapat diperoleh dari software ini antara lain shutdown, reboot, log-off, mengunci komputer, memulai maupun menghentikan suatu proses, memutuskan koneksi internet, tweaking registry, password generator, membuat shortcut, cleaner dan masih banyak lagi.

PC Wizard 2006 [2.07MB] http://www.cpuid.org (http://www.cpuid.org/)
Versi terbaru ini menambahkan beberapa fitur baru meliputi bagian System Files, Resources, Configuration dan Benchmark. Software ini berguna untuk mengetahui seluk beluk komputer mulai dari bagian software sampai dengan hardware yang selalu diupdate sehingga hampir semua komponen dapat terdeteksi. Dilengkapi juga dengan fasilitas benchmark yang cukup akurat hasilnya.

RegSeeker 1.45 Build 0505 [351KB] http://www.hoverdesk.net/dl/en/RegSeeker.zip
Registry Cleaner ini memiliki kemampuan yang bisa dibilang sangat baik dalam menghapus entry-entry dalam registry yang sudah tidak diperlukan lagi. Adapun selain sebagai registry cleaner, software ini juga mempunyai feature sebagai berikut: menghapus jejak-jejak yang ditinggal software yang sudah tidak valid, mengatur startup menu, color schemes, pembersihan history yang meliputi internet URL, cache dan cookies yang terdapat dalam file "index.dat", old start menu items, clean stream MRU. Selain itu ada juga fungsi tweaking sederhana dan fungsi utamanya yaitu clean the registry yang akan menscan keseluruhan registry anda yang dianggap tidak valid secara mendalam dan menghapusnya dari registry. Sebelum menghapus suatu entry aplikasi ini juga dapat melakukan backup terhadapnya.

Riva Tuner 2.0 RC157 [1.1MB] http://www.guru3d.com (http://www.guru3d.com/)
Software ini diperuntukkan bagi yang menggunakan graphic card Nvidia GeForce maupun ATI Radeon. Dilengkapi kemampuan overclocking yang cukup baik, bagian-bagian yang dapat dicustomize seperti low level system tweaks, low level refresh rate settings, low level color adjustment, DirectDraw and Direct3D setting, OpenGL setting dan sebagainya.

Scannet 3.2 [9MB] http://www.profiler3d.de (http://www.profiler3d.de/)
Seorang admin jaringan tentulah harus memelihara kesehatan jaringan supaya dapat berkomukasi dengan baik. Software ini akan membantu dalam mengawasi, memelihara jaringan baik itu LAN/WAN, internet, firewall intern, route, port, aplikasi seperti Kazaa atau Emule, netmeeting, messenger. Begitu banyak fungsi yang ditawarkan oleh software ini antara lain Scan Network, Trace Route, Local Shared, Ping, TCP/IP Network, Terminal, HTTP, Finger, COM+, Remote Registry, Remote Connections, Gopher, Quote, Search for LAN Object, Timeserver, Forgotten Password, LAN Object, Whois, Domain/Host Info, SystemInformation, Resource Browser, Local Shared, Watch Workgroup.

TweakNow RegCleaner Standard Edition http://www.tweaknow.com (http://www.tweaknow.com/)
Registry adalah dapat diandaikan sebagai jantung dari sistem sebuah Windows. Ketika menginstall sebuah aplikasi pasti akan dimsaukkan data-data software tersebut ke dalam registry. Selain itu registry juga menyimpan informasi shortcut, tipe file, cache, file directory dan begitu banyak informasi lainnya. Software ini bertugas untuk membersihkan registry dari berbagai informasi-informasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi di dalam registry sehingga Windows tidak perlu lagi meload informasi tersebut yang pada akhirnya akan mempercepat kerja dari Windows. Software ini membagi registry dalam safe to delete, not fully safe to delete, unknown sehingga memudahkan dalam menentukan path mana saja yang dapat dihapus, tersedia juga restore jika ternyata salah dalam menghapus path. Salah satu kekurangan software ini yaitu scanning yang tidak terlalu detil dalam registry.

ZSoft Uninstaller 2.2.5 [735KB] http://www.zsoft.dk/?goto=software
Jika hendak mengunisntall suatu aplikasi maka sebagian dari kita akan masuk ke dalam add or remove program yang terdapat dalam control panel. Tetapi penghapusan yang dilakukan di sana terkadang masih menyisakan sisa informasi yang masih terdapat dalam registry. Dengan software ini sisa informasi dalam registry dapat dibersihkan secara total olehnya. Terdapat juga fitur untul melakukan pencarian file-file instalasi di dalam folder temporary, menampilkan aplikasi-aplikasi sampah yang terdapat dalam komputer. Memory usage yang digunakan juga terbilang kecil.

===============================================

[U]Mini Tools
Autoruns 8.43 [279KB] http://sysinternals.com (http://sysinternals.com/)
Jika komputer terasa lama dalam logon maka coba saja software ini karena melalui software ini kita dapat program-program mana saja yang perlu dijalankan. Software ini mempunyai kelebihan dibanding msconfig seperti pengaturan service dan driver mana saja yang dijalankan ketika startup bahkan lokasi dari item tersebut juga dapat kita ketahui. Terdapat tab-tab seperti "everything, logon, knowndlls, winlogon, bot execute, drivers, services, winsock providers, image hijacks, dan lainnya.

Convert 4.10 [561KB] http://www.joshmadison.com/software
Sebuah software converting satuan yang sangat lengkap. Dukungan terhadap berbagai satuan dalam berbagai ukuran baik itu satuan panjang, volume, kepadatan, suhu, konsentrasi, dan ukuran lain yang mencapai 21 ukuran, belum lagi dalam setiap ukuran tersebut masih dibagi-bagi lagi menjadi satuan tunggal yang begitu banyak.

CPU-Z 1.3 [747KB] http://www.cpuid.com/cpuz.php
Dengan tool ini kita dapat mengetahui apakah spesifikasi yang terpasang pada komputer sesuai dengan spesifikasi hardware. CPU-Z memiliki kemampuan untuk melihat berbagai informasi mengenai hardware yang terpasang pada komputer terutama CPU, cache, mainboard, memory sampai dengan timing SPD memory juga dapat diketahui. Informasi yang disajikan dapat dibilang lengkap.

Folder Size 1.2 [825KB] http://www.rotebetasoftware.com (http://www.rotebetasoftware.com/)
Fungsinya untuk mengetahui besar file yang terdapat dalam suatu folder. Uniknya ukuran foldernya dibuat dalam bentuk grafik batangan secara horizontal dan diurutkan dari yang paling besar hinggga ke yang terkecil.

Key Tweak 2.2 [154KB] http://www.webpages.charter.net/krumsick
Program kecil yang mungkin berguna jika anda memiliki masalah dengan tombol pada keyboard ataupun untuk memaksimalkan kerja anda. Program ini dapat merubah tombol-tombol sesuai dengan selera anda, misalnya tombol a menjadi tombol z.

MPCalcMP 1.4.5 [740KB] http://www.homepage.mac.com (http://www.homepage.mac.com/)
Bagi yang membutuhkan sebuah alat hitung yang lengkap mungkin software ini dapat menjadi salah satu pilihan. Multi-precision RPN scientific ini dapat menampung hingga 30.000 digit angka, fungsi-fungsinya juga terintergrasi dengan tombol-tombol huruf pada keyboard.

Network Password Recovery v1.00 [37KB] http://www.nirsoft.net (http://www.nirsoft.net/)
Berguna untuk menyimpan password account .NET Passport ketika terhubung ke suatu jaringan yang dapat digunakan kembali.

Pocket Killbox 2.0.0.213 [47KB] http://www.win.softpedia.com (http://www.win.softpedia.com/)
Ada kalanya suatu file tidak dapat dihapus dari harddisk walaupun tanpa dibuang ke recycle bin. Mini software ini mungkin dapat membuang file-file yang menggangu tersebut. Terdapat 3 pilihan untuk menghapus yaitu standard file kill, delete on reboot, replace on reboot.

ProduKey v1.01 [30KB] http://www.nirsoft.net (http://www.nirsoft.net/)
Software mini untuk melihat Product ID/CDkey dari MS-Office, Windows, SQL server yang diinstall.

VisualHash 1.0 [73KB] http://www.dominik-reichl.de (http://www.dominik-reichl.de/)
Software ini dapat menangani perhitungan hash sum dan text snippet. algoritma yang didukungnya seperti Alder-32, Cksum-32, CRC-16, CRC-16CCITT, CRC-16-XModem, CRC-32, CRC-32-MPEG2, CRC-64, ELF-32, FCS-16, FNV-32, FNV-64, GOST, MD2, MD4, MD5 dan masih banyak lagi.

sumber : IC

1 comment:

sudiyanto said...

Mas saya sudiyanto, kemarin url artikel ini ku pasangdi blog-ku
sudiyanto.wordpress.com
ndak papakan mas
thanks